Saat Lantik BASNAS Torut, Sekda Bilang Begini
-->

Advertisement Adsense

Saat Lantik BASNAS Torut, Sekda Bilang Begini

60 MENIT
Rabu, 18 September 2024

Para Pengurus BASNAS (Oki)


60MENIT.co.id, Toraja Utara | Bagian Kesejahteraan Rakyat (KESRA) Setda Toraja Utara melaksanakan Pelantikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Toraja Utara Periode 2023-2028.


Kegiatan dilaksanakan diruang pola Perkantoran Marante, Kantor Bupati Toraja Utara, rabu 18 September 2024.


Kegiatan  tersebut dihadiri, Sekretaris Daerah Toraja Utara, Salvius Pasang,SP.,MP,Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Toraja Utara, Ir. Amos Sarungallo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Toraja Utara, Pretty Lamban Gasong,, M.Th., M.Adm.SDA, Wakil Ketua IV BAZNAS Prov. Sulsel, Azis Bennu, Kepala Dinas Kominfo-SP Kab. Toraja Utara, Andarias Sampe, SE.,MM, Kepala Bagian Kesra Setda Toraja Utara, Andarias Tandung Sale, S.Pt., M. Si serta perwakilan dari Unsur Polres Toraja Utara dan Kodim 1414 Tana Toraja turut hadir dalam kegiatan tersebut.


Dalam arahannya, usai melantik Pengurus BAZNAS Kabupaten Toraja Utara Periode 2023-2028, Sekretaris Daerah Toraja Utara, Salvius Pasang menyampaikan "Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mengucapkan selamat kepada Pengurus BAZNAS Kab. Toraja Utara yang telah dilantik hari ini dan diucapkan juga terima kasih kepada segenap pengurus BAZNAS yang selama ini telah membantu banyak hal terutama dalam pemanfaatan zakat bagi masyarakat Toraja Utara", ucap Sekda Toraja Utara.


"Disampaikan juga kepada Pengurus BAZNAS Prov. Sulsel bahwa kami dari Kabupaten Toraja Utara tentu tidak akan kalah dalam pengelolaan zakat yang telah diamanahkan oleh masyarakat dan UU oleh karena itu ini menjadi sebuah tantangan bagi segenap pengurus yang telah dilantik  untuk senantiasa selalu menjalankan amanah tersebut", tambah Sekda Toraja Utara 


Wakil Ketua IV BAZNAS Provinsi Sulawesi Selatan bidang Administrasi dan SDM, Azis Bennu mengatakan "Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan lembaga Pemerintah yang non struktural dan  merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) pada tingkat nasional".


"BAZNAS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan lembaga pemerintah non struktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri,  BAZNAS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 merupakan lembaga yang berwenang melakukan tugas Pengelolaan Zakat secara nasional dan tentu bagi pengurus Amil Zakat yang ada di Kabupaten Toraja Utara  harus menjalankan tugasnya sesuai amanah yang diberikan oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah sesuai undang-undang yang berlaku", tambahnya.


Usai sambutan-sambutan dilanjutkan penyerahan bantuan simbolis oleh BAZNAS Prov. Sulsel yaitu bantuan Saudagar Zmart,  penyerahan secara simbolis sembako kepada masyarakat Toraja Utara dan penyerahan Bantuan  Program Palopo Takwa kepada BAZNAS Toraja Utara dan BAZNAS Tana Toraja.


Tampak Kanan Gambar, Sekda Toraja Utara saat memberi sambutan.


Sebelumnya, Kepala Bagian Kesra Setda Toraja Utara, Andarias Tandung Sale, S.Pt., M. Si membacakan Surat Keputusan Bupati Toraja Utara Nomor:613/XXI/2023 Tentang Pengangkatan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Toraja Utara Periode 2023-2028 dan berikut susunan Ketua dan Anggota yang telah dilantik :


Ketua BAZNAS Kabupaten Toraja Utara : Hamzah, S. Sos,

Wakil Ketua I : Drs. H. Bumbun Pakata, M. Ag

Wakil Ketua II : Muh. Jufri

Wakil Ketua III : Firmanzah, S.E

Wakil Ketua IV : Muslimin, S. Pd


Daftar Pengurus Berdasarkan Surat Keputusan Badan Amil Zakat Nasional Nomor : 01/SK.BAZNAS/I/2024 Tentang Penetapan Susunan Sekretariat dan Tim Audit Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Toraja Utara Periode 2023-2028 sebagai berikut :


Susunan Tim Audit BAZNAS Kabupaten Toraja Utara :

Umar Madao, SE (Ketua), Amir Tunga (Sekretaris) dan Jabir Dirman, SE (Anggota).


Susunan Sekretariat BAZNAS Kabupaten Toraja Utara:

Mali' Sallun, S. Sos.,M. Si (Sekretaris), Asri Popang,SE (Bendahara), Imam Aruman, S. Pd (Staf), Sudarman, S. Pd (Staf), Ramadan Palimbong (Staf) dan Maryam Mansyur 


(*/Red).