Inilah Sikap Politik Pemuda Pancasila Pada Pilkada Subang 2024
-->

Advertisement Adsense

Inilah Sikap Politik Pemuda Pancasila Pada Pilkada Subang 2024

60 MENIT
Selasa, 10 September 2024

Samping kiri Handra Munandar Sekretaris MPC PP Subang (ridho)


60MENIT.co.id, Subang | Pilkada Subang 2024 semakin dekat, saat ini telah menghasilkan tiga pasang calon bupati dan wakil bupati membawa berbagai program unggulan tentunya janji perubahan untuk memajukan daerah. Dengan pemilihan yang dijadwalkan berlangsung pada akhir 2024, berbagai partai politik di Subang mulai melakukan konsolidasi untuk mendukung kandidat yang mereka nilai mampu membawa perubahan dan pembangunan berkelanjutan bagi kabupaten ini.


Pemuda Pancasila Kabupaten Subang, salahsatu organisasi kemasyarakatan terbesar dan paling berpengaruh kembali menjadi sorotan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Subang 2024. Organisasi yang lahir dengan semangat menjaga nilai-nilai Pancasila ini memiliki peran penting dalam dinamika politik. Sikap politik Pemuda Pancasila dalam Pilkada 2024 menjadi penting, tidak hanya menjadi representasi dari arah politik organisasi, tetapi juga cerminan dari keinginan masyarakat yang lebih luas untuk mendapatkan pemimpin yang amanah, berintegritas, dan berpihak pada rakyat.


Pada saat ditanyakan mengenai sikap politik Pemuda Pancasila Kabupaten Subang pada Pilkada 2024 kepada Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Subang, Handra Munandar menyatakan Pemuda Pancasila merupakan organisasi Independen yang tidak berafiliasi langsung dengan partai politik maupun kepentingan politik tertentu.


“Dalam pesta demokrasi ini, Pemuda Pancasila pasti akan berpartisipasi apalagi telah terbitnya surat dari MPN Ormas Pemuda Pancasila Nomor 1438.A1/MPN-PP/IX/2024 tanggal 6 September 2024 yang mengisyaratkan bahwa kami dari pihak MPC Ormas Pemuda Pancasila harus menyampaikan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang yang didukung dan Pasangan tersebut bersedia menandatangi Pakta Integritas dengan Pemuda Pancasila,” ujar Hendra.


Anggota Pemuda Pancasila MPC Subang.


Handra menjelaskan bahwa teknis pernyataan sikap politik tentu melalui mekanisme organisasi, dalam hal ini adalah Rapat Pleno Pengurus MPC. Sampai hari ini MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Subang belum menyelenggarakan Rapat Pleno dan belum menyatakan sikap dukungan kepada pasangan calon tertentu. 


“Berdasarkan surat dari MPN, paling lambat kami harus menyampaikan ke MPN tanggal 5 Oktober, Oleh karena itu kami akan segera mengadakan Rapat Pleno untuk menentukan sikap politik Pemuda Pancasila,” pungkasnya.


Saat ditanyakan mengenai kecenderungan Pemuda Pancasila terhadap Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang, Handra menegaskan bahwa Pemuda Pancasila bisa jadi mendukung salah satu Pasangan Calon atau tidak mendukung semuanya.


“Bisa jadi kami kami mendukung salah satu pasangan, bisa jadi kami juga tidak mendukung semuanya. Karena bagi Pemuda Pancasila, perjuangan Pemuda Pancasila dalam bidang politik hingga hari ini sudah cukup diwakilkan oleh Ketua MPC H Endang Kosasih yang telah dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Subang. Dengan demikian pada prinsipnya kepentingan politik Pemuda Pancasila itu sudah mempunyai salurannya. Selebihnya kami juga perlu menjaga kondusifitas dan harmonisasi di internal organisasi di tengah hingar bingar pesta demokrasi pada hari ini. Daripada kami mendukung satu pasangan yang tidak jelas  integritasnya malah bisa mengakibatkan perpecahan di dalam organisasi, buat apa?,” tegasnya.


(Ridho_b'w)