Warga Dusun 05 Rt 17 Gelar Acara Hajat Bumi/Ngaruat di Kp Pasirbatang
-->

Advertisement Adsense

Warga Dusun 05 Rt 17 Gelar Acara Hajat Bumi/Ngaruat di Kp Pasirbatang

60 MENIT
Jumat, 02 Agustus 2024

Personil budaya Kp Serangpanjang dalam rangka ngaruat (hajat bumi) di Desa Cikujang Subang (ridho)


60MENIT.co.id, Subang | Warga kp Pasirbatang Rt 17 Rw 05 Desa Cikujang kecamatan Serangpanjang, Menggelar kegiatan hajat bumi/ngaruat merupakan cikal bakal budaya masyarakat kp Pasirbatang yang mana digelar di depan halaman mesjid jamie Al-Barokah Kamis, 01/08/2024.


Hajat bumi juga sebagi pesta rakyat, sebagai ungkapan rasa sukur dan saling berbagi, berbondong bondong gotong royong dengan menggelar hiburan. Sehingga seluruh warga yang jauh dan dekat maupun yang jauh ikut berbaur di acara tradisi tahunan ini, Menurut panitia acara RW Acu Sugiatna berharap untuk ke depannya tahun yang akan datang tradisi leluhur seperti ini jangan sampai hilang atau punah generasi ke generasi harus ada penerusnya.


Suasana ngaruat (hajat bumi) Kp. Pasirbatang - Cikujang - Serangpanjang - Subang.


Warga kp Pasirbatang antusias mengikuti hajat bumi ini/ngaruat dimulai  pada pukul 07: 00 sampai selsai dilanjutkan dengan hiburan Seni Sunda Gemyung Ajat Group pada malam harinya dilanjut dengan acara siraman rohani.


Acu menerangkan Saya tentu nya senang melihat masyarakat yang hidup nya bertani dan mereka ikut berbaur dengan warga lainnya tidak luput dari mengucap syukur katanya.


Warga kp. Pasirbatang.


Hajat bumi ini dimulai dengan acara tawasulan dan masyarakat pun antusias  dengan hasil bumi seperti sayuran, palawija nanas dan lain lain.

"Ngaruat dalam bahasa Sunda berasal ruat dari kata ruat yang memiliki arti merawat atau menjaga seni budaya warisan para leluhur," pungkasnya.


(Ridho_b'w)