Sosialisasi Persiapan Visi, Misi Pencalonan Hadirkan Parpol dan Pemangku Kepentingan
-->

Advertisement Adsense

Sosialisasi Persiapan Visi, Misi Pencalonan Hadirkan Parpol dan Pemangku Kepentingan

60 MENIT
Senin, 05 Agustus 2024

Tampak Gambar, Ketua KPU Tana Toraja Didampingi 2 Komisioner, Natalianus Paembe dan Rahmat Hidayat (Oki)


60MENIT.co.id, Tana Toraja  | Menjelang tahapan Pendaftaran Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja Tahun 2024, KPU Kabupaten Tana Toraja menggelar kegiatan Sosialisasi Persiapan Visi Dan Misi Bagi Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Peserta Pemilihan Serentak Tahun 2024 Dalam Hubungan Dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Acara dilaksanakan di hotel Pantan Makale, Kamis (25/07/2024).


Pada kegiatan ini, KPU Tana Toraja menghadirkan narasumber, yakni Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Tana Toraja Fransenetty Restu, SH,, M.Si.


Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Ketua KPU Tana Toraja Berthy Paluangan mengatakan, kami mengundang parpol peserta Pemilu tahun 2024 bersama instansi terkait sebagai bentuk tanggung jawab KPU Tana Toraja menyampaikan aturan- aturan yang berlaku pada tahapan pencalonan nanti.


Berthy Paluangan juga menekankan bahwa sosialisasi yang berlangsung merupakan  bagian penting, pasalnya pada Agustus pendaftaran bakal calon harus melampirkan visi misi dan sosialisasi merupakan bagian penting dari proses pencalonan. “Kegiatan ini adalah salah satu persyaratan untuk melengkapi berkas pencalonan. Dengan sisa 127 hari menuju pemungutan suara, kami fokus pada pemutakhiran data.


Selain itu, Berthy menambahkan pentingnya sosialisasi ini untuk memastikan keselarasan visi dan misi calon dengan rencana pembangunan jangka panjang daerah. “Sosialisasi ini memberikan kesempatan bagi para calon untuk memahami dan menyusun visi, misi, serta program yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tetapi juga selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Dengan demikian, setiap calon dapat menawarkan program yang realistis dan berkelanjutan.


Pembukaan acara sosialisasi KPU Toraja Utara.


Sementara Natalianus Paembe Saruallo Divisi Hukum dan Pengawasan, juga menekankan bahwa visi dan misi harus mencerminkan kebutuhan masyarakat Tana Toraja, kebutuhan masyarakat harus diutamakan. "Saya berharap para petinggi partai dapat menyampaikan pesan jangka panjang ini dengan baik kepada bakal calon,” tambahnya.


Masih kata Natalianus, Acara sosialisasi ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada bakal pasangan calon dalam menyusun visi, misi, dan program yang sesuai dengan rencana pembangunan jangka panjang daerah, sehingga mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat Kabupaten Tana Toraja.


Dalam materinya, Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Tana Toraja Fransenetty Restu, S.H., M.Si, menyampaikan, materi tentang Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tana Toraja tahun 2025 - 2045. “Seperti pilkada sebelumnya, saya percaya bahwa pasangan calon yang nantinya akan mendaftarkan diri, pasti akan menyusun visi misi yang sesuai dengan RPJPD kita di Kabupaten Tana Toraja”, katanya.


Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja ini dihadiri oleh Rektor UKI-Toraja, Anggota Forkopimda Kabupaten Tana Toraja, Ketua dan Anggota KPU Tana Toraja, tokoh masyarakat, insan pers dan media, LSM, Partai politik, perwakilan dinas dan instansi terkait.      


(sal)