Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79
-->

Advertisement Adsense

Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79

60 MENIT
Senin, 19 Agustus 2024

Bupati Lampung Timur (M. Dawam Rahardjo) memimpin Upacara HUT RI ke-79 (Tarmizi)


60Menit.co.id, Sukadana | Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Jajaran Pemerintah kabupaten Lampung Timur bersama Forkopimda melaksanakan upacara detik-detik Proklamasi yang berlangsung di Lapangan Merdeka Sukadana, Sabtu (17/08/2024).


Pada upacara peringatan HUT RI ke-79 yang mengambil tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo, Komandan Upacara Danramil 429-07/Pekalongan Kapten Inf Jumali, Perwira Upacara Lettu Arm J. Sigit serta sebagai Dan Paskibra Danramil 429-05/Sukadana Lettu Inf Sugiri.


Amanat Pj Gubernur Lampung yang dibacakan Bupati M. Dawam Rahardjo menyampaikan, pada hari ini 79 tahun yang lalu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan menandai awal perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan mempertahankan kedaulatan serta membangun negara yang maju, adil, makmur dan sejahtera.


“Peringatan dari ulang tahun ke 79 Republik Indonesia ini merupakan momentum untuk merenungkan kembali perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan Jiwa raga dan harta demi tegaknya NKRI”, ucapnya.


Selanjutnya Dawam mengatakan, tema peringatan HUT kemerdekaan tahun ini yaitu “Nusantara Baru Indonesia Maju” menggambarkan Indonesia baru yang bersiap tinggal landas menuju masa depan yang lebih gemilang tiga transisi penting sedang kita hadapi yaitu menyongsong ibu kota baru.


“Pergantian pemimpin serta fisik Indonesia emas 2024 2045 sang Bumi Rua Jurai sebagai bagian nusantara memiliki peran strategis mewujudkan Indonesia maju dengan sumber daya alam yang melimpah potensi ekonomi yang besar dan keberagaman budaya. Saya mengajak seluruh masyarakat Lampung untuk saling mengisi kemerdekaan dengan bekerja keras saling bahu-membahu dalam membangun Provinsi Lampung yang lebih baik sehingga dapat terus membangun Indonesia yang lebih maju”, pungkasnya.


Dalam kesempatan yang sama Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S. Sos., MM mewakili keluarga besar Kodim menyampaikan ucapan Dirgahyu ke-79 Republik Indonesia. Semoga tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” akan terwujud berkat dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Lampung Timur.



“Komitmen semangat persatuan dan kesatuan harus kita tanamkan dalam setiap langkah dan tindakan kita sehari-hari guna mewujudkan cita-cita Nusantara Baru Indonesia Maju dengan memanfaatkan kekayaan budaya dan sumber daya alam yang ada”, ujarnya.


Dandim juga mengapresiasi keterlibatan seluruh masyarakat baik di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan dalam upacara peringatan HUT RI Ke-79 tahun 2024 di Kabupaten Lampung Timur.


“Mari semangat peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 kita jadikan momen penting untuk memperkuat rasa Nasionalisme dan cinta tanah air”, tegas Dandim.


Usia upacara, Dandim bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Timur mengikuti upacara detik-detik Proklamasi secara virtual dari Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo bertempat di Aula Utama Pemkab Lamtim.


Turut hadir dalam upacara peringatan HUT RI Ke-79, Wakil Bupati Lamtim H.Azwar Hadi., S.E, Kapolres Lamtim AKBP. Benny Prasetya. S.H, S.IK, M.H, Kajari Sukadana Agustinus Ba’ka, Ketua Pengadilan Negeri Sukadana Robby Alamsyah, Ketua Pengadilan Agama Sukadana Andri Irawan, Sekda Lamtim Ir. M. Yusuf, Danpos AL Labuhan Maringgai Peltu Bambang Hadi, Danki Brimob Sukadana AKP. Darwanto, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Ka OPD  Kab. Lamtim, Anggota DPRD Lampung Timur, Ketua Persit KCK Cab LIV Lamtim Ny. Reni Arief Budiman , Ketua TP PKk Lamtim, Ketua Bhayangkari Lamtim serta segenap tamu undangan. (Tarmizi)