Sekilas Perkembangan Zaman Prasejarah
-->

Advertisement Adsense

Sekilas Perkembangan Zaman Prasejarah

60 MENIT
Selasa, 30 Juli 2024

Lukisan zaman  Paleolitikum (zhovena)


PERKEMBANGAN ZAMAN PRASEJARAH DARI ZAMAN PALEOLITIKUM HINGGA ZAMAN PERUNGGU

ZAMAN PALEOLITIKUM (2,5 juta - 10.000 SM)

Zaman Paleolitikum atau Zaman Batu Tua adalah periode di mana manusia pertama kali menggunakan alat-alat batu kasar. Manusia pada zaman ini hidup sebagai pemburu dan pengumpul, tinggal di gua-gua, dan menggunakan api untuk memasak dan menghangatkan diri. Contoh alat dari zaman ini adalah kapak genggam. Kehidupan sosialnya sangat sederhana dengan pembagian kerja berdasarkan gender.


ZAMAN MESOLITIKUM (10.000 - 4.000 SM)

Zaman Mesolitikum atau Zaman Batu Tengah merupakan masa transisi antara Paleolitikum dan Neolitikum. Pada zaman ini, manusia mulai hidup semi-nomaden dengan membangun rumah sementara. Mereka mulai memanfaatkan lingkungan sekitar lebih efektif dengan menggunakan alat-alat yang lebih canggih, seperti mikrolit. Teknik bercocok tanam sederhana dan domestikasi hewan mulai dikenal.


ZAMAN NEOLITIKUM (4.000 - 2.000 SM)

Zaman Neolitikum atau Zaman Batu Muda adalah periode di mana manusia mulai hidup menetap dan bertani. Mereka mengembangkan teknik pertanian yang lebih maju dan memelihara hewan secara domestik. Alat-alat dari batu dihaluskan dan digunakan untuk berbagai keperluan, seperti cangkul dan kapak. Pada zaman ini, manusia mulai membuat tembikar dan mengembangkan sistem irigasi. Kehidupan sosial semakin kompleks dengan munculnya pemimpin komunitas dan kepercayaan animisme.


ZAMAN MEGALITIKUM (2.000 - 600 SM)

Zaman Megalitikum dikenal dengan bangunan-bangunan batu besar yang digunakan sebagai tempat pemujaan dan kuburan. Monumen seperti dolmen, menhir, dan punden berundak dibangun pada masa ini. Kebudayaan megalitik menunjukkan adanya organisasi sosial yang lebih kompleks, dengan kepercayaan terhadap kehidupan setelah mati dan pemujaan roh nenek moyang.


ZAMAN PERUNGGU (3.300 - 1.200 SM)

Zaman Perunggu adalah periode di mana manusia mulai menggunakan logam, khususnya perunggu, yang merupakan campuran tembaga dan timah. Alat-alat dan senjata dari perunggu lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan batu. Zaman ini ditandai oleh kemajuan dalam teknik peleburan logam, pertanian, dan perdagangan. Masyarakat mulai hidup dalam kota-kota besar dengan sistem pemerintahan yang terorganisir dan stratifikasi sosial yang lebih jelas.


Referensi :

1. Bellwood, Peter. "First Farmers: The Origins of Agricultural Societies." Blackwell Publishing, 2005.

2. Childe, V. Gordon. "The Dawn of European Civilization." Kegan Paul, Trench, Trubner & Co., Ltd., 1925.

3. Renfrew, Colin. "Prehistory: The Making of the Human Mind." Modern Library, 2008. 


(*)