Tommy Tiranda Terus Dapat Dukungan, Warga Swadaya Pasang Baliho
-->

Advertisement Adsense

Tommy Tiranda Terus Dapat Dukungan, Warga Swadaya Pasang Baliho

60 MENIT
Jumat, 21 Juni 2024

Saprianto Sarungu', Komandan Relawan Bersatu (Oki)


60Menit.co.id, Jakarta | Munculnya nama Ketua Toraja Transparansi, Drs. Tommy Tiranda, yang juga wartawan 60Menit.co.id, diantara deretan nama Bakal Calon (Balon) Bupati Toraja Utara, benar-benar membuat publik Toraja khususnya Toraja Utara, tercengang. Pasalnya, sosok jurnalis senior ini jarang tampil di kancah perpolitikan Toraja selama ini. Namun namanya tiba-tiba muncul menyeruak diantara nama balon lain yang tampil lebih dulu. 


Tidak tanggung-tanggung, kurang lebih dalam dua pekan terakhir ini, pria berdarah PARIS (Pangala’ Riu dan Sekitarnya dari klan besar Pahlawan Nasional Pong Tiku ini sebelumnya mendapat dukungan dari tokoh masyarakat setempat. PARIS adalah sebutan khas untuk wilayah dataran tinggi atau daerah pegunungan barat daya di Toraja Utara. Sokongan tokoh masyarakat, kata Tommy, awalnya dianggap hal biasa dan angin lalu. 


Pemasangan Baliho Tommy.


Namun, dalam perjalanannya, ia tidak menyangka kalau aspirasi dukungan itu terus bertambah dan mengalami peningkatan. Elemen masyarakat lain pun tidak terbendung memberi dukungan. Tidak heran, figur yang bernama lengkap Yonatan Tommy Tiranda ini leading sementara dalam polling independen Calon Bupati Toraja Utara 2024-2029 saat ini. Perolehan suara dukungan atas Tommy jauh melampaui balon lain seperti Dating Palembangan serta lainnya. 


Yang menarik lagi, para relawan pendukung Tommy yang dikenal militan di bawah komando Saprianto Sarungu, dengan swadaya mereka sendiri terus bergerak ke akar rumput di lembang-lembang. Mereka melakukan sosialisasi sekaligus konsolidasi dukungan. Aksi para relawan ini berlangsung senyap. Tidak hanya itu, para relawan secara swadaya dan spontan memasang baliho sendiri tentang Tommy berisi himbauan dan harapan untuk masyarakat dan Toraja Utara. 


Baliho Tommy terpasang.


“Jujur kami bergerak begini pasang baliho Bang Tommy spontan dan swadaya dari kami. Ini bentuk kerinduan kami agar beliau bisa memimpin daerah ini. Sebenarnya harapan ini dari dulu setelah melihat perkembangan daerah ini. Karena kondisi Toraja Utara terus seperti sekarang, stagnan, padahal sudah 16 tahun sejak 2008, kami tiba pada kesimpulan ini sudah saatnya Bang Tommy tampil. Kapan lagi kalau tidak sekarang dan siapa lagi kalau bukan kita,” ujar Saprianto di sela pasang baliho, Rabu, 19 Juni. 


(oki)