POLRI Peduli, Polres Tana Toraja Beri Layanan Pengamanan di Upacara Kematian
-->

Advertisement Adsense

POLRI Peduli, Polres Tana Toraja Beri Layanan Pengamanan di Upacara Kematian

60 MENIT
Selasa, 18 Juni 2024

Tampak anggota Polres Tana Toraja bertugas di Rambu Solo pada pemakaman Alm. Marthen Linggi Allo di Dusun Ukka Lembang tapparan Utara Kec. Rantetayo Kabupaten Tana Toraja, Selasa 18/06/24 (oki).


60MENIT.co.id, Tana Toraja | Sebagai insan Bhayangkara yang melaksanakan tugas sehari-hari sebagai pelayan masyarakat dan juga diharapkan mampu memberikan solusi untuk setiap keluhan warga masyarakat, Polri selalu hadir di tengah masyarakat guna beri rasa aman. Setiap kegiatan masyarakat Polri wajib memberikan keamanan dan kenyamanan sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.


Seperti yang terlihat personil Polres Tana Toraja yang melakukan pengamanan upacara kematian ( Rambu Solo ) alm. Marthen Linggi Allo di Dusun Ukka Lembang tapparan Utara Kec. Rantetayo Kabupaten Tana Toraja, Selasa (18/06/24).


Salah satu kegiatan di Kabupaten Tana Toraja yang sangat membutuhkan kehadiran Polri untuk membantu kelancaran kegiatan yakni upacara kematian ( rambu solo).


Secara terpisah Kapolres Tana Toraja AKBP Malpa Malacoppo mengungkapkan perlunya kehadiran Polri pada Upacara kematian (Rambu Solo) untuk beri layanan keamanan agar berjalan aman dan lancar.


"Perlu kita ketahui upacara Kematian di Kabupaten Tana Toraja merupakan pemakaman adat Toraja sebagai bentuk penghormatan terakhir pada orang yang telah meninggal," ungkapnya.


Pengamanan sosial oleh Polres Tana Toraja di lokasi Alm.


Ia juga menambahkan, upacara kematian di Toraja yang sebagian besar diselenggarakan pada musim liburan seperti saat ini, sehingga puncaknya menghadirkan keluarga jauh maupun dekat serta masyarakat sekitar maupun juga wisatawan luar Toraja dan internasional yang berjumlah hingga ribuan dengan beberapa rangkaian adat untuk dilalui dan disaksikan.


"Disinilah perlunya kehadiran personil kami untuk beri rasa aman dengan kegiatan pengaturan lalu lintas dan beri himbauan - himbauan kamtibmas selama prosesinya agar berjalan aman, tertib dan lancar," ujar Kapolres


Perlunya menjaga salah satu budaya Toraja yang sudah terkenal hingga mancanegara oleh semua unsur terkait baik Polri dalam menjaga keamanan, TNI, Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat Toraja dengan mengedepankan sisi kearifan budaya lokal masyarakat Toraja.    


(*/sal)