Jajang Rohana, Wakil Rakyat Fraksi PKS Mengapresiasi Milangkala ka-78 Provinsi Jawa Barat
-->

Advertisement Adsense

Jajang Rohana, Wakil Rakyat Fraksi PKS Mengapresiasi Milangkala ka-78 Provinsi Jawa Barat

60 MENIT
Minggu, 20 Agustus 2023

H. Jajang Rohana, S.Pd.I., Anggota Komisi IV DPRD Prov. Jabar Fraksi PKS Dapil Jabar 2 pada peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-78, Minggu 20/08/2023 (zhovena)

60MENIT.co.id, Bandung | H. Jajang Rohana, S.Pd.I., anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengapresiasi Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-78 yang jatuh pada Tgl. 19 Agustus 2023. 

Sebagai warga negara yang baik, ia sangat bangga menjadi masyarakat Jawa Barat. Menurutnya ada beberapa budaya luhur bagi orang Sunda yang mesti dijunjung tinggi, yaitu selain seni dan tradisi juga memiliki tatakrama yang menguatkan kepada kearifan lokal.

Ia mengatakan, Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan kebudayaan dan tradisi yang khas. Dengan keragaman suku dan etnis yang mendiami wilayah ini, Jawa Barat menjadi tempat yang menarik untuk mempelajari dan menyelami kearifan lokal serta warisan tradisional yang dimiliki oleh masyarakatnya. 

"Kita sangat menghormati beragam aspek budaya Jawa Barat yang patut dipelajari dan dihargai, diantaranya adalah, tarian dan seni pertunjukan, kesenian dan kerajinan tangan, adat istiadat dan upacara tradisional, kuliner tradisional begitupun pakaian adatnya yang sangat khas di negara kita," jelas Jajang Rohana. 

Gedung Sate kantor Gubernur Jawa Barat, foto diambil Malam.

Jajang Rohana menambahkan bahwa Jawa Barat juga menonjolkan Seni Arsitektur yang megah dan tidak terkalahkan oleh gaya seni arsitektur daerah maupun negara lain, seperti yang dipertontonkan langsung dari tampilan Gedung Sate yang merupakan Gedung Perkantoran Gubernur Jawa Barat, "ini salahsatu kebanggaan masyarakat Jawa Barat," singkat Jajang.

Hari Ulang Tahun Jawa Barat jatuh pada tanggal 19 Agustus. Tahun ini Provinsi yang dipimpin oleh Ridwan Kamil berulang tahun yang ke-78. Angka yang sama persis dengan umur Negara Indonesia.

Jajang Rohana berharap, masyarakat Jawa Barat bisa berprilaku baik dan menjalin kebersamaan dalam keragaman sikap, hal ini menjadi salahsatu syarat supaya bisa menambah kemajuan bagi warga Jawa Barat itu sendiri.

"Kebersamaan merupakan salahsatu syarat untuk majunya suatu daerah, seperti yang menjadi budaya tertinggi kita sejak dulu dalam berkarya yaitu Gotong Royong membangun kewilayahan, ini yang mesti dibangkitkan kembali soalnya budaya ini sudah tampak hilang," harap Jajang.

Salahsatu sudut Perspektif Gedung Sate Kota Bandung.

Selain itu ia menyarankan, pelaku budaya yaitu kita semua perlu adanya penguatan pedoman yang dinamakan ahlak, yang mana ahlak ini harus dibingkai oleh keyakinan atau keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan kuat, jangan sampai keimanan dicampuradukkan dengan budaya. 

"Jika keimanan sudah terkontaminasi oleh budaya maka akan rusak, saya yakin masyarakat Jawa Barat sudah paham betul mana yang dinamakan budaya dan mana yang menjadi pedoman keimanan atau kepercayaan, sehingga masyarakat tidak salah berasumsi," imbuh Jajang.

Wakil Rakyat dari PKS ini pun menyatakan supaya semua warga Jawa Barat bisa menunjukkan kecintaannya terhadap daerahnya, dengan memberikan apresiasi untuk kemajuan daerah sesuai kemampuan masing-masing. Terutama dalam momen yang istimewa untuk merayakan kekayaan budaya dan potensi yang dimiliki pada HUT Jabar ke-78.

(zho)