Prilaku Masyarakat Sangat Menunjang Suksesi Citarum Harum, Satgas Sub 13 Sektor 22 Masifkan Komsos
-->

Advertisement Adsense

Prilaku Masyarakat Sangat Menunjang Suksesi Citarum Harum, Satgas Sub 13 Sektor 22 Masifkan Komsos

60 MENIT
Minggu, 08 Januari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 13 melakukan Komunikasi Sosial kepada masyarakat mensosialisasikan Program Citarum Harum, Minggu 8/01/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Prilaku masyarakat terhadap kebersihan dan keutuhan sungai merupakan faktor utama untuk mewujudkan kondisi sungai yang utuh dan bersih. Sehingga perlu dilakukan edukasi secara masif tentang kepedulian sungai bersih dan utuh.


Hal ini disampaikan oleh Serma Andi Apandi selaku DanSub 13 Satgas Citarum Harum Sektor 22 kepada awak media ketika ditemui di Mako Posko Seb 13/22, Minggu 8/01/2023.


Menurutnya, komunikasi sosial terhadap masyarakat adalah hal utama untuk menyampaikan beberapa pelarangan yang harus ditinggalkan dalam Program Citarum Harum. 


"Pelarangan ini mengenai membuang sampah sembarangan terutama membuang ke sungai, soalnya untuk menciptakan kondisi air sungai yang bersih dan sehat semua lapisan masyarakat harus mengehentikan prilaku yang jorok tersebut," jelas Andi. 


Kondisi prilaku masyarakat terhadap sungai saat ini sudah ada kemajuan dibanding dengan beberapa tahun ke belakang, namun untuk lebih serius lagi masih ada beberapa masyarakat yang perlu tahu tentang Marwah dari Program Citarum Harum. 


Serma Andi Apandi menambahkan bahwa penataan dalam pengondisian tempat menampung sampah di tengah lingkungan perlu difasilitasi oleh pihak kewilayahan, dengan tujuan sampah yang terproduksi oleh mereka bisa dibuang terarah pada satu posisi. 


"Ini biasanya di wilayah padat penduduk, dimana lahan kosong itu sudah tidak ada dan gang atau jalan yang di lingkungan tida bisa dilalui oleh roda sampah, sedangkan fasilitas tempat penampung sampah tidak ada, itu yang menjadi masyarakat membuang sampahnya sembarang," jelas Andi. 


Pada komunikasi sosial ya g dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 13 setiap hari dilakukannya, aksi ini bersamaan dengan patroli sungai. "Semoga dengan upaya yang kita lakukan sebagai Satgas Citarum Harum bisa mewujudkan hal yang benar dengan harapan progres pada Program Citarum Harum bisa tercapai cepat," tutup Andi. 


(zho)